Searching...

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Setelah Selesei Makan | Tips Kesehatan | Harus Dihindari Setelah Selesei Makan

6:31:00 AM

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Setelah Selesei Makan | Tips Kesehatan | Harus Dihindari Setelah Selesei Makan
Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Setelah Selesei Makan | Tips Kesehatan | Harus Dihindari Setelah Selesei Makan - sobat pasti sepakat bahwa kesehatan merupakan aset terbesar yang sobat miliki dalam hidup ini. Tanpa kesehatan maka aktifitas apapun pastinya tak akan dapat dilakukan dengan baik. Makanan yang sehat adalah salah satu penunjang terjaganya kebugaran tubuh ini. Namun ada beberapa hal yang seringkali tidak sobat sadari dari aktivitas sobat setelah selesei makan yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan. Berikut Hal - Hal Yang Harus Dihindari Setelah Selesei Makan :


Stelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencerna, jika stelah makan lalu menyantap buah, maka buah akan terhambat oleh makanan yg telah lebih dulu disantap, akibat buah tidak bisa tercerna secara normal. Jika berlangsung lama, akan mnyebabkan gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar dan asam lambung berlebih.


..:: Minum Air Dingin ::..

Suhu dingin akibat es yg berkondesasi dgn air dapat membekukan makanan, terutama yg mengandung minyak ( lemak akan terbekukan ). Hingga pada akhir lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran - saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan. untuk itu mulai saat ini cobalah ganti air es yg biasa sobat minum dengan minum air hangat.


..:: Minum Teh ::..


Dapat mengencerkan getah lambung, akibatnya mempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh mengandung asam tanat, jika minum teh habis makan, akan membuat protein yg belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yg tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. bisa menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia.



Mengendorkan ikat pinggang stelah makan, meskipun terasa lebih nyaman, tapi hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut, yg memaksa lambung turun. Jika kebiasan tersebut terus dilakukan, maka akan mengidap penyakit lambung turun atau menyebabkan usus terbelit.


..:: Aktivitas Merokok ::..

Bahaya merokok sehabis makan dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah kandungan dalam rokok yg tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan penyakit lainnya.



..:: Aktivitas Mandi ::..
Volume aliran darah permukaan tubuh akan meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, menyebabkan pencernaan buruk.



..:: Ber-Olahraga ::..


Meningkatnya volume gerak tubuh dapat mempengaruhi saluran pencernaan terhadap serapan gizi. Terutama manula, fungsi jantung melemah, penyempitan pembuluh darah, banyak berjalan setelah makan akan timbul gejala tekanan darah menurun dan gejala - gejala lainnya.



..:: Aktivitas Karaoke ::..


Setelah makan isi lambung kita membesar, dinding lambung menjadi tipis, volume aliran darah meningkat, saat demikian, bernyanyi dapat membuat sekat ronga badan pindah ke bawah, beban rongga perut bertambah, jika ringan akan menyebabkan pencernaan buruk, dan jika berat maka dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan gejala penyakit lainnya.



..:: Mengemudikan Kendaraan ::..


Rawan terjadi kecelakaan jika sehabis makan kemudian menjalankan kendaraan. Ini dikarenakan sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, yg mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk sementara waktu, dengan demikian hal ini dapat menyebabkan kesalahan operasional dalam berkendaraan.



..:: Langsung Tidur ::..
Satu hal yg paling sulit untuk dihindari, cobalah untuk tidak mengikuti rasa kantuk sobat. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Setelah Selesei Makan | Tips Kesehatan | Harus Dihindari Setelah Selesei Makan